Memastikan Niche Yang Anda Pilih Diminati Cukup Banyak Orang
Bagi pakar SEO ini sebenarnya adalah lagu lama yang tidak perlu dibahas,namu bagi saya ini adalah materi yang sangat bagus,mengingat saya adalah blogger pemula yang sangat perlu pengetahuan tentang trik internet marketing
Sekarang anda sudah menentukan niche anda. Bagus
Langkah selanjutnya adalah bertanya kepada diri anda sendiri: “Apakah niche yang saya pilih adalah niche yang diminati cukup banyak orang?”
Percuma kalau kita memilih niche yang kita pahami dan sukai, tetapi tidak ada calon customer.
Untuk itu, pergilah ke Google Keyword Tool:
Dan ketik ”golf” (tanpa tanda kutip) seperti yang terlingkar merah diatas, lalu tekan tombol ”Get Keyword Ideas”.
Selanjutnya, anda akan melihat seperti yang dibawah ini:
Google akan memberikan keywords yang berhubungan dengan “golf”, seperti
“golf clubs”, “golf swing”, “golf equipment” dst.
Anda bisa mendapatkan ide2 dari sini. Mungkin tadinya anda tidak kepikir mempromosikan “golf balls”, tapi setelah lihat hasil seperti diatas ini, anda jadi mendapatkan ide baru.
Bagaimana Google mendapatkan keywords2 tsb? Google mendapatkannya berdasarkan data bulan-bulan sebelumnya. Sekarang pada saat saya menuliskan ini, maka Google mengambil datanya dari bulan-bulan sebelumnya.
Lihat kolum ke 2 (January Search Volume). Jika anda klik link ini, maka seluruh keywords akan tersortir sesuai jumlah orang yang mengetik keyword tsb di urut dari paling banyak yang mencari (paling atas) s/d paling sedikit yang mencari (paling bawah) pada bulan sebelumnya
Jika anda klik kolum ke 3 (Avg Search Volume), maka seluruh keywords akan tersortir sesuai jumlah orang yang mengetik keyword tsb di urut dari paling banyak yang mencari (paling atas) s/d paling sedikit yang mencari (paling bawah) pada 12 bulan terakhir.
Apabila anda letakkan mouse anda kepada kotak-kotak hijau tsb, akan muncul tulisan ”High search volume”, “Average search volume”, atau “Low search volume”. Google tidak memberikan anda angka yang spesifik. Untuk mencari tahu angka yang lebih spesifik, anda perlu ke Google Traffic Estimator:
Di paling atas, anda dapat mengisi keywords yang anda mau target, dalam contoh diatas saya telah memasukan keywords “golf”, “golf clubs”, dan “golf swing”.
Selanjutnya untuk nomor 2 – 4, silakan pilih/ketik sesuai contoh yang diberikan (lingkaran merah). Untuk saat ini, saya rasa saya belum perlu menjelaskan mengapa saya pilih angka-angka atau pilihan tsb. Bukannya saya tidak mau menjeleskan, tetapi untuk mengerti ini semua, anda perlu mengerti bagaimana Google Adwords bekerja.
Dan untuk mengerti bagaimana Google Adwords bekerja, anda bisa langsung ke situsnya dan membaca. Di bab yang lain.
Setelah selesai mengisi dan memilih, klik tombol ”Continue”. Di gambar atas tidak ada, tetapi di screen anda pasti ada.
Anda akan sampai di halaman ini:
Hanya lihat pada angka-angka yang di lingkaran merah. Abaikan angka-angka yang lainnya. Kalikan angka-angka tsb tiga kali lipat.
Contoh:
golf : 5131 x 3 = 15393 golf clubs : 373 x 3 = 1119 golf swing : 43 x 3 = 129
Artinya keyword ”golf” kira-kira dicari 15393 kali/hari di seluruh dunia. Keyword ”golf clubs” kira-kira dicari 1119 kali/hari di seluruh dunia. Keyword ”golf swing” kira-kira dicari 129 kali/hari di seluruh dunia.
Mengapa x3? Untuk saat ini, terima saja terlebih dahulu, karena penjelasannya agak rumit. Lain kali baru saya menjelaskan ya?
Nah angka-angka di atas menunjukan anda telah memilih niche yang diminati banyak orang.
Biasanya niche yang diminati banyak orang juga berarti anda mempunyai banyak pesaing (kompetitor). Tetapi apabila anda benar-benar pahami atau/dan sukai niche anda, maka menurut saya anda masih punya kesempatan untuk meraih kesuksesan di niche anda. Seperti toko handphone. Bagi anda yang tinggal di Jakarta, coba lihat Roxy Mas. Semua toko jual handphone. Koq masih ada aja yang survive? Mengapa toko A lebih laris dibanding toko B? Harga BeTis (beda beda tipis) atau bahkan sama, jual handphone tipe yang sama. Mengapa orang pilih toko A?
Jabawannya ada di SERVIS dan KEJUJURAN.
Jadi menurut saya apabila kompetisi sangat ketat di niche anda, cobalah melakukan sesuatu yang berbeda dari kompetitor anda. Kompetitor anda hanya jual, jual, dan menjual, anda kasih tips gratis tentang golf. Kompetitor anda jarang membina hubungan dengan pelanggannya, anda bina hubungan terus, dst.
Semoga bermanfaat,maju terus blogger indonesia,jangan lupa berlangganan ya? atau tinggalkan komentarnya disini,kita sama-sama belajar.